Perencanaan pembelajaran atau yang biasa juga dikenal dengan istilah teaching plan adalah proses perencanaan belajar mengajar yang akan guru lakukan untuk suatu jangka waktu tertentu (misalnya satu semester atau satu tahun). Pada dasarnya perencanaan pembelajaran akan membuat proses belajar mengajar bisa berjalan dengan sangat efektif, Selain itu, ketika guru memiliki perencanaan pembelajaran yang jelas, kemungkinan besar siswa juga bisa memahami materi pelajaran yang disampaikan guru dengan baik.
Karena ketika memiliki teaching plan, guru sudah mengetahui secara detail semua tujuan pembelajaran, kegiatan yang akan dilakukan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran, dan bahkan mungkin berbagai cara mengatasi gangguan saat mengajar. Jadi, proses belajar mengajar bisa berjalan dengan sebaik mungkin. Nah, kalau guru ingin mulai membuat perencanaan pembelajaran, simak informasinya di bawah ini ya.
Pada dasarnya membuat perencanaan pembelajaran memiliki beberapa manfaat, seperti:
Perencanaan pembelajaran memiliki tiga komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan Pembelajaran, dan penilaian untuk memeriksa pemahaman siswa. Jadi, saat menerapkan beberapa cara membuat teaching plan di bawah ini, jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan tiga komponen tersebut ya. Beberapa cara membuat perencanaan pembelajaran yang bisa guru lakukan dengan mudah, yaitu:
Dilansir dari website Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi, capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Pencapaian pembelajaran ini meliputi kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Pada dasarnya teaching plan juga bisa berbeda bagi setiap jenjang Pendidikan. Karena hal ini menyesuaikan tahap perkembangan siswa dari segi usia.
Melansir dari website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, asesmen diagnostik adalah asesmen yang dilakukan secara spesifik untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, kelemahan peserta didik, sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik. Hasil dari asesmen diagnostik kemudian bisa digunakan pendidik sebagai rujukan dalam merencanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. Kalau guru ingin mengetahui lebih jauh tentang asesmen diagnostik, baca artikel ini ya “Guru Wajib Tahu Manfaat dan Tipe Asesmen Diagnostik.”
Dalam pembuatan pembelajaran jangan lupa juga untuk selalu menyertakan modul ajar ya guru. Karena pada dasarnya modul ajar bermanfaat untuk melengkapi perangkat ajar yang memandu guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Selain itu, jangan lupa juga bahwa modul ajar yang dikembangkan harus bersifat esensial, menarik, bermakna, relevan dan kontekstual, dan berkesinambungan. Hal ini bermanfaat untuk memudahkan guru dalam mengajar dan membuat siswa menjadi lebih mudah paham dengan materi yang disampaikan.
Setiap siswa juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, saat membuat teaching plan ada baiknya guru juga mempertimbangkan karakteristik siswa secara keseluruhan ya. Jika ternyata karakteristik sebagai siswa yang guru bimbing adalah aktif, maka tidak ada salahnya jika guru melakukan banyak kegiatan belajar mengajar yang memerlukan banyak dan kreativitas (misalnya membuat suatu karya). Selain itu, bila perlu sesekali guru juga bisa melakukan proses belajar mengajar di luar ruang kelas.
Setelah guru melakukan berbagai cara untuk membuat teaching plan seperti di atas, jangan lupa untuk menganalisis hasilnya ya. Misalnya saja, dari teaching plan yang telah dibuat ternyata masih banyak siswa yang kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan guru. Jika hal ini terjadi maka tidak ada salahnya jika guru memperbaiki teaching plan secara keseluruhan.
Membuat teaching plan memang tidak semudah yang dibayangkan. Karena ada banyak hal detail yang perlu guru tuliskan di perencanaan pembelajaran. Tapi kalau guru berhasil membuat perencanaan pembelajaran dengan detail, maka kemungkinan guru berhasil menjalankan proses belajar mengajar dalam satu semester atau satu tahun juga akan semakin besar.
Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah.
Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.
Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.
Referensi
https://www.splashlearn.com/blog/how-to-create-an-effective-teaching-plan-a-step-by-step-guide/
https://cte.smu.edu.sg/lesson-planning
https://ditsmp.kemdikbud.go.id/tujuh-tahapan-perencanaan-pembelajaran-dalam-kurikulum-merdeka/
http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/asesmen-diagnostik
Capaian pembelajaran atau learning achievements merupakan tujuan akhir yang diharapkan dari proses pembelajaran. Di era…
Pada dasarnya setiap jenis kurikulum memiliki prinsipnya masing-masing. Karena prinsip ini bisa digunakan kepala sekolah,…
Guru ingin tahu cara mengajarkan siswa menghargai perbedaan di sekolah? Kalau iya, yuk simak caranya…
Guru ingin mulai menerapkan kurikulum adaptif? Kalau iya, yuk simak informasinya di bawah ini. Dilansir…
Keberagaman di sekolah merupakan suatu kenyataan yang tidak bisa dihindari di era globalisasi ini. Dengan…
Pendidikan inklusif adalah konsep pendidikan yang mengutamakan keadilan dalam pendidikan dengan menempatkan peserta didik dengan…