Pijar Sekolah – Manajemen sekolah atau school management dapat diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan pengolahan proses pendidikan untuk mencapai suatu tujuan, baik tujuan jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang. Selain itu, manajemen sekolah juga dianggap sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dan mengangkat manusia. Pada dasarnya manajemen sekolah juga merupakan sebuah proses mengelola sekolah dengan merencanakan, mengorganisasikan, serta mengajar dan mengawasinya untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.,
Dalam manajemen sekolah, kepala sekolah menempati posisi yang penting dan perlu mmemiliki fokus utama untuk mengembangkan sekolah, Salah satu titik fokus utama kepala sekolah dalam school management adalah manajemen pembelajaran. Artikel kali ini akan menjelaskan ruang lingkup school management , komponen school management dan bagaimana struktur school management .
Pengertian Manajemen Sekolah
School management memberdayakan kepala sekolah dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan kinerja sekolah, termasuk keterlibatan guru, siswa, pemimpin sekolah, dan masyarakat. Dalam hal ini masyarakat berperdan dalam pendekatan kebijakan yang ditujukan untuk reformasi sekolah. Sistem informasi manajemen dapat dilakukan dengan memperbaiki pendidikan sekolah.
Tujuan Manajemen Sekolah
Menurut Supriyono Subakir Kegunaan utama school management adalah untuk meningkatkan efisiensi manajemen, dan memberikan otoritas yang lebih banyak dan lebih luas kepada sekolah untuk mengelola pekerjaannya. Lalu bagaimana contoh sistem informasi school management serta contoh pengelolaan sistem informasi school management
E. Mulyasa mempunyai tujuan Manajemen Sekolah adalah:
a. Pengembangan efisiensi,
b. Peningkatan mutu,.
c. Pemajuan pemerataan
School management bertujuan untuk memberdayakan sekolah melalui pemberian otonomi kepada sekolah dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif, Manfaat Manajemen Sekolah menurut Departemen Pendidikan Nasional adalah:
1) Meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan sumber daya yang tersedia melalui kemandirian manajemen dan inisiatif sekolah.
2) Meningkatkan kesadaran untuk memberikan pendidikan di antara masyarakat sekolah dan warga dalam pengambilan keputusan bersama. .
3) Mengembangkan responsibility sekolah kepada orang tua, masyarakat dan pemerintah terhadap mutu sekolah.
4) Memperkuat persaingan sehat antar sekolah untuk tercapainya mutu pendidikan
Fungsi Manajemen Sekolah
Fungsi school management adalah memberi sekolah kebebasan dan kekuatan yang besar dalam memegang berbagai tanggung jawab. Dengan mengelola sumber daya yang sesuai dengan kondisi lokal dan secara mandiri serta mendelegasikan tanggung jawab untuk mengembangkan strategi school management, sekolah dapat lebih meningkatkan kesejahteraan guru dan memungkinkan guru untuk fokus pada lebih banyak tantangan.
School management menekankan partisipasi maksimal dari berbagai pemangku kepentingan. Sekolah yang mandiri harus bisa memastikan keterlibatan staf, orang tua, siswa, dan masyarakat uas dalam mengembangkan keputusan pendidikan. Karena banyaknya pihak yang terlibat dalam mengelola manajemen sekolah, dapat memudahkan tercapainya tujuan manajemen sekolah. Selain itu, aspek-aspek tersebut mendukung efektivitasnya dalam mencapai tujuan sekolah pada akhirnya. Selain itu, fungsi manajemen sekolah juga bisa tercapai dengan pengelolaan masyarakat dan pengawasan pemerintah, tata kelola sekolah lebih akuntabel, transparan, egaliter dan demokratis, serta menghilangkan monopoli pendidikan. Berikut adalah fungsi manajemen sekolah menurut ahli
G.R. Terry menyatakan terdapat empat fungsi manajemen, adalahi:
• Perencanaan atau planning
• Pengorganisasian atau organizing
• Pelaksanaan atau actuating, dan
• Pengawasan atau controlling.
Prinsip – Prinsip Manajemen Sekolah
Teori school management yang digunakan oleh school management didasarkan pada empat asas, yaitu asas keadilan, asas desentralisasi, asas pemerintahan sendiri, dan asas dipimpin staf.
a. Prinsip Ekuifinalitas (Principle of Equifinality)
Prinsip dasar ini sesuai dengan pada teori bisnis modern, yang mengandaikan sebagai berikut: Ada beberapa cara berbeda untuk mencapai tujuan Anda. school management menekankan pada fleksibilitas, sehingga sekolah harus dikelola oleh warga sekolah dalam setiap situasi.
b. Prinsip Desentralisasi (Principle of Decentralization)
Prinsip desentralisasi ini sejalan dengan prinsip kesetaraan. Asas desentralisasi didasarkan pada teori dasar bahwa pengelolaan sekolah dan kegiatan pendidikan tidak dapat menghindari kesulitan dan masalah. Pendidikan merupakan persoalan yang kompleks dan kompleks yang memerlukan desentralisasi untuk melaksanakannya.
c. Prinsip Sistem Pengelolaan Mandiri (Principle of Self-Managing System)
Asas ini berkaitan dengan asas sebelumnya: asas keadilan dan asas desentralisasi. Ketika sekolah menghadapi masalah, mereka harus menyelesaikannya dengan caranya sendiri. Jika ada pendelegasian wewenang dari birokrasi di atas ke tingkat sekolah, maka sekolah dapat menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga membuat manajemen sekolah unggulan.
d. Prinsip Inisiatif Manusia (Principle of Human Initiative)
Dari perspektif ini, kepemimpinan sekolah bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sesuai di mana warga sekolah dapat bekerja dengan baik dan mengembangkan potensi mereka. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan dapat dinilai dari segi pengembangan sumber daya manusia. Prinsip ini mengakui bahwa manusia adalah sumber daya yang dinamis, bukan sumber daya yang statis.