Micro teaching banyak disebut dan diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mengasah kemampuan guru dalam bidang pengajaran dan kualitas mengajarnya. Tidak hanya dilakukan oleh guru namun kegiatan ini juga banyak digunakan untuk tes menjadi pengajar baik swasta maupun negeri agar tahu bagaimana cara mengajarnya.
Untuk lebih jelasnya Sobat Pijar bisa langsung cek semua penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Micro teaching merupakan sebuah metode pelatihan yang tujuannya untuk meningkatkan segi kemampuan serta keterampilan agar bisa menjadi guru dan memiliki pengalaman mengajar yang mumpuni. Metode ini dikenalkan pertama kali pada tahun 1963 lalu di Amerika Serikat dan mengalami banyak pengembangan sampai sekarang.
Tujuan dari pengadaan micro teaching ini adalah untuk membentuk pengajar pendidikan yang berkualitas serta siap dalam memberikan materi bagus ke semua siswanya. Kompetensi dasar yang dimaksud adalah kompetensi sosial, kompetensi profesional. Kompetensi kepribadian dan juga pedagogik yang mumpuni.
Secara umum micro teaching cara pengajaran serta persiapannya memang sama dengan pengajaran di sekolah pada umumnya. Hanya saja lingkup dan siswa yang terlibat memang lebih sedikit begitu juga dengan ukuran ruangannya. Bahkan bisa jadi siswa yang dimaksud bukan siswa sungguhan melainkan teman sesama guru atau evaluator.
Apa saja tahapan yang perlu dilakukan ketika melakukan proses micro teaching ini? Sobat Pijar yang ingin mendapatkan hasil bagus dan lancar bisa cek dulu penjelasan lengkapnya seperti di bawah ini!
Tahapan pertama yang perlu kamu lakukan adalah persiapan. Berikut beberapa hal yang harus disiapkan!
Setelah tahap persiapan sudah lengkap kamu bisa pindah ke tahap pelaksanaan. Adapun tahapan yang dimaksud bisa langsung cek semuanya di bawah ini!
Setelah siap dengan proses pelaksanaan Sobat Pijar jangan lupa untuk menyiapkan proses penutupan yang akan dilakukan. Di tahap ini harus ada refleksi dan juga evaluasi yang dilakukan layaknya pembelajaran sesungguhnya di dalam kelas.
Tertarik untuk eksekusi kebutuhan micro teaching yang lebih bagus dan terarah? Jangan lupa untuk cek dulu penjelasan tentang tips lengkapnya di bawah ini!
Ternyata meskipun sudah banyak dan sering digunakan micro teaching memiliki kelebihan dan kekurangan yang penting untuk dipertimbangkan. Adapun penjelasannya bisa langsung cek semuanya di bawah ini!
Dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan guru, berikut ini beberapa keterampilan yang dapat dikembangkan dengan metode pengajaran ini:
Apa pun materi yang diajarkan, tahap perencanaan sangat penting. Jika materi pengajaran direncanakan dengan baik, maka saat diterapkan berpotensi baik pula. Micro teaching membuat guru lebih sistematis dalam pendekatan mengajar mereka.
Menjelaskan di hadapan siswa bukanlah hal yang mudah, karena itu setiap guru perlu memiliki kemampuan presentasi yang baik. Dengan begitu, guru mampu menarik perhatian siswa dalam jangka waktu yang lebih lama. Jika diterapkan secara konstan, micro teaching akan meningkatkan keterampilan presentasi guru.
Micro teaching menjadikan guru lebih terbiasa dengan teknik-teknik untuk membuat siswa lebih paham dan mengingat materi pelajaran yang diajarkan dan memberi ilustrasi yang relevan dengan contoh yang relevan. Memberi contoh-contoh semacam ini menjadikan pengajaran jadi lebih mudah dipahami dan siswa pun akan mengerti konsep materi dengan lebih baik.
Variasi stimulus merupakan keterampilan penting yang membantu siswa untuk tetap memperhatikan penjelasan guru di kelas sekaligus membuat mereka tetap termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Keterampilan ini mencakup beberapa pola perilaku yang menghasilkan perhatian dari guru, untuk mempertahankan minat siswa.
Keterampilan mengelola kelas juga sangat penting bagi guru karena melibatkan banyak keterampilan manajerial. Micro teaching mampu meningkatkan kemampuan mengelola kelas, baik dengan jumlah murid yang banyak maupun sedikit.
Micro teaching membantu guru untuk memanfaatkan teknologi terkini dalam mengajar, terutama materi audio visual. Guru perlu mempelajari perkembangan teknologi agar bisa menerapkannya di kelas. Siswa akan lebih tertarik dengan metode pengajaran yang modern, sehingga mereka akan lebih cepat menguasai materi. Sobat Pijar tertarik untuk belajar lebih banyak tentang micro teaching lengkap dengan persiapannya? Jangan lupa cek akses materi di Pijar Sekolah saja dengan pengalaman belajar yang lebih mumpuni sebagai tenaga pendidik yang berkualitas.
Capaian pembelajaran atau learning achievements merupakan tujuan akhir yang diharapkan dari proses pembelajaran. Di era…
Pada dasarnya setiap jenis kurikulum memiliki prinsipnya masing-masing. Karena prinsip ini bisa digunakan kepala sekolah,…
Guru ingin tahu cara mengajarkan siswa menghargai perbedaan di sekolah? Kalau iya, yuk simak caranya…
Guru ingin mulai menerapkan kurikulum adaptif? Kalau iya, yuk simak informasinya di bawah ini. Dilansir…
Keberagaman di sekolah merupakan suatu kenyataan yang tidak bisa dihindari di era globalisasi ini. Dengan…
Pendidikan inklusif adalah konsep pendidikan yang mengutamakan keadilan dalam pendidikan dengan menempatkan peserta didik dengan…