Sudah banyak jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk memberikan pemahaman maksimal pada siswa yang ikut serta di dalamnya. Salah satu jenis metode yang digunakan adalah metode mengajar peer teaching yang memberikan manfaat lebih mendalam tidak hanya dari sisi siswa namun juga gurunya.
Sobat Pijar yang pengen tahu lebih lanjut mengenai metode mengajar peer teaching bisa langsung cek semua penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Metode mengajar peer teaching itu apa? Metode mengajar peer teaching merupakan pembelajaran yang memungkinkan semua siswa saling memberikan pengetahuannya pada siswa lainnya. Bisa dibilang sesama siswa saling mengajarkan apa yang mereka pahami. Ketika seseorang sudah memahami lebih dalam sebuah materi maka akan mudah bagi mereka untuk menjelaskannya.
Jadi kalau siswa tidak bisa menjelaskan apa yang dipahaminya bisa jadi siswa tersebut memang belum sepenuhnya paham hanya tahu sekilas saja. Peer teaching sendiri menjadi salah satu metode pembelajaran yang pusatnya memang langsung dari peserta didik. Guru di sini perannya sebagai pengawas dan juga evaluator.
Sebuah metode pembelajaran tentu dibuat untuk tujuan tertentu yang disesuaikan dengan kondisi siswanya. Adapun tujuan dari metode pengajaran peer teaching bisa langsung kamu cek semuanya sebagai berikut!
Selain dibuat dengan tujuan khusus ternyata peer teaching juga memberikan cukup banyak manfaat bagi siswa maupun guru. Adapun manfaat yang dimaksud bisa langsung kamu cek semuanya di bawah ini!
Bagaimana proses penerapan metode pembelajaran peer teaching saat di kelas? Sobat Pijar bisa langsung memperhatikan penjelasannya di sini!
Dalam menerapkan peer teaching, tentu ada tantangan tersendiri, di antaranya adalah:
Setiap siswa punya karakter yang berbeda-beda, termasuk dalam hal belajar. Tidak semua siswa suka belajar berkelompok atau belajar dari sesama siswa lainnya. Tanpa sadar, mereka akan sulit menerima pelajaran atau materi apa pun yang diberikan siswa lainnya, meskipun materi tersebut berguna dan belum pernah mereka pelajari sebelumnya.
Level fokus setiap siswa juga berbeda-beda. Ada siswa yang bisa fokus saat bekerja kelompok dalam waktu lama, tapi ada yang hanya bisa fokus sebentar saja. Begitu ada salah satu siswa yang tidak fokus, risiko mengganggu level fokus siswa lainnya pun lebih besar. Akibatnya, metode peer teaching ini jadi kurang efektif.
Agar metode peer teaching bisa sukses, maka siswa harus memiliki konsep akan bekerja sama dengan sesama siswa terlebih dulu. Kalau tidak, maka peer teaching tidak akan berhasil. Karena itu, tenaga pengajar harus memastikan dulu apakah siswanya sudah memahami konsep kerja sama terlebih dulu.
Saat siswa mendapat materi dan penjelasan dari guru, pada umumnya guru akan memberikan umpan balik. Bentuknya bisa berupa nilai ujian, pembahasan ujian, nasehat tentang apa yang harus ditingkatkan, hingga pujian akan pencapaian mereka.
Sementara itu, dalam metode pengajaran peer teaching, belum tentu siswa bisa mendapatkan umpan balik yang kritis seperti yang mereka dapatkan dari guru. Sesama siswa mungkin tidak memiliki kapasitas tersebut atau mereka tidak tahu bagaimana cara menyampaikannya pada teman mereka. Beberapa siswa akan merasa ada yang kurang karena seolah tidak ada penilaian yang mereka butuhkan. Ingin belajar dengan penerapan metode pembelajaran peer teaching lebih maksimal? Langsung cek semua materi yang tersedia di Pijar Sekolah saja. Belajarnya menyenangkan dan proses yang diberikan juga sesuai dengan kurikulum sekolah di Indonesia.
Capaian pembelajaran atau learning achievements merupakan tujuan akhir yang diharapkan dari proses pembelajaran. Di era…
Pada dasarnya setiap jenis kurikulum memiliki prinsipnya masing-masing. Karena prinsip ini bisa digunakan kepala sekolah,…
Guru ingin tahu cara mengajarkan siswa menghargai perbedaan di sekolah? Kalau iya, yuk simak caranya…
Guru ingin mulai menerapkan kurikulum adaptif? Kalau iya, yuk simak informasinya di bawah ini. Dilansir…
Keberagaman di sekolah merupakan suatu kenyataan yang tidak bisa dihindari di era globalisasi ini. Dengan…
Pendidikan inklusif adalah konsep pendidikan yang mengutamakan keadilan dalam pendidikan dengan menempatkan peserta didik dengan…